Cara Membuat Search Engine Pada Blog

 Search Engine - Mungkin masih ada diantara kita yang tidak tahu apa itu search engine, Sebenarnya kita sangat familliar dan bahkan sering menggunakannya untuk membantu kita melakukan pencarian. Jika diartikan kedalam bahasa indonesia search engine berarti mesin pencari, Secara umum search engine merupakan semacam portal penyedia informasi pencarian data yang diperlukan pengguna internet. Cara kinerjanya adalah dengan meng-copas seluruh halaman website yang tersedia di dunia, ketika data telah dimasukkan selanjutnya barulah diolah dengan bahasa algoritma. Tujuan peng-codingan menggunakan bahasa algoritma ini agar pengunjung bisa mencari data yang diinginkan sesuai dengan setelan algoritmanya.

   Website search engine milik Google dan Yahoo adalah penyedia kata kunci yang paling kita kenal. Pada umumnya kedua perusahaan internet ini akan menampilkan hasil pencarian secara berurutan sesuai tingkat rasio pengunjung atau akurasi dari suatu data "hits".

  Saya rasa cukup penjelasan singkat mengenai search engine ini. Untuk sekedar menambah kemampuan kita dalam membuat blog tidak ada salahnya kita mencoba tutorialnya dibawah ini meskipun kita tahu blogspot sudah menyediakan widget ini. Apakah anda percaya bahwa semua ilmu pengetahuan itu tidak ada yang sia-sia?  jika iya mari kita coba membuat sekaligus memasangnya di blog anda.


  • Membuat Search Engine
1. 




2. 



Note: Kedua jenis search engine di atas bisa anda pilih untuk diletakkan sesuai intruksi di bawah.


  • Cara Memasang Search Engine
1. Login ke akun Dasbor Blogger anda.
2. Masuk ke halaman Edit Template.
3. Cari kode ]]></b:skin>  lalu Letakkan Kode CSS dibawah ini.



4. Selanjutnya masuklah ke Tata Letak dan Masukkan sintaks dibawah ini ke HTML/Javascript.



5. Simpan setelan dan lihat hasilnya.

Sekian tutorial kali ini semoga bermanfaat bagi anda dan terus berkarya, Kalau ada kesempatan mungkin saya akan meng "Upgrade" tampilan search enginenya di tunggu ya. Jika ada Kendala bisa anda tanyakan di kolom komentar dan kasih suatu tanda apabila anda berhasil Oke.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Blog templatesFree Web Templates